SILABUS PEMBELAJARAN (SISTEM PEREDARAN DARAH)



Sekolah                                 :   SMPN 2 Satu Atap BAT
Kelas                                     :   VIII
Mata Pelajaran                  :   IPA
Semester                               :   1 (satu)
Standar Kompetensi          : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.6. Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
Sistem peredaran darah pada manusia
·        Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia dengan membuat cerpen alat peredaran darah.



·    Menyusun puzzle alat peredaran darah untuk menjelaskan fungsi organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.




·   Melihat carta dan/atau tayangan tentang peredaran darah manusia.


·   Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit  yang berkaitan dengan sistem peredaran darah.
·        Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia





·    Menjelaskan fungsi organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.







·       Menjelaskan mekanisme peredaran darah pada manusia


·       Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Tes tulis








Tes tulis









Tes tulis





Penugasan
Tes uraian








Tes PG









Tes uraian





Tugas rumah
Bagaimana perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik?







Fungsi darah putih ....
a. mengangkut oksigen
b. mengangkut sari makanan
c. membunuh kuman
d. membawa karbondioksida






   Jelaskan mekanisme peredaran darah mansuia!




Buatlah daftar nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4 x 40’
Buku siswa, cerpen sistem peredaran darah, video sistem peredaran darah
 

0 komentar:

Posting Komentar