RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (SISTEM PEREDARAN DARAH)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               :  SMPN 2 Satu Atap BAT
Mata Pelajaran                    :  IPA Terpadu
Kelas / Semester                 :  VIII / I
Alokasi waktu                    :  2 X 40’ ( 1 X Pertemuan )

Standar Kompetensi :
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar:
Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator:
1.    Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.
2.     Menjelaskan fungsi organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.

A.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.
2.      Siswa dapat menjelaskan fungsi organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.

B.  Materi Pembelajaran
1. Macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.
2. Fungsi organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
(terlampir di bahan ajar)

C.  Strategi Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Ceramah, diskusi, tanya jawab
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran kooperatif (pembelajaran bermakna)
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
       Kegiatan pendahuluan (5 menit)
       Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1.      Mengucapkan salam.
2.      Mendata kehadiran siswa
3.      Motivasi: Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai sistem pencernaan dan pernapasan. Bagaimana makanan dan oksigen tersebut diedarkan di dalam tubuh kita?

Kegiatan Inti (30menit)             
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Menuliskan tujuan pembelajaran.
2.      Membagikan soal pretest.
3.      Meminta peserta didik untuk mengamati video alat peredaran darah.
4.      Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir dalam menyebutkan alat  peredaran darah yang telah diamati.
  
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2.    Membagikan LKS kepada tiap kelompok.
3.    Tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan LKS yang berisi cerpen dan membuat kesimpulan dari puzzle yang telah mereka susun.
4.    Kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan dari presentasi.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan kesempatan kepada peserta didik apabila ada pertanyaan, pendapat, ataupun sanggahan yang ingin disampaikan.
2. Mempertegas materi pembelajaran hari ini untuk memantapkan pemahaman peserta didik.


 Kegiatan Penutup (5 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. Bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran.
2. Membagikan cerpen yang sudah rampung  dan memberikan tugas agar cerpen tersebut dibaca dan dipahami di rumah.
3. Membagikan soal postest.
4. Memberikan tugas rumah untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya

E.  Media Pembelajaran
      1.  Video  organ peredaran darah dan struktur darah.
      2.  Cerpen Sistem Peredaran Darah
 3.  Puzzle sistem peredaran darah pada manusia

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA yang relevan.
      2.  Video sistem peredaran darah pada manusia
  3. LKS sistem peredaran darah pada manusia
G.  Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.      Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia


2.      Menjelaskan fungsi macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia

Tes tulis





Tes tulis




Tes uraian





Tes uraian




Bagaimana perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik?




Apa fungsi leukosit?
     

0 komentar:

Posting Komentar