RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMPN 2 Satu Atap BAT
Mata
Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas /
Semester : VIII / I
Alokasi
waktu : 2 X 40’ ( 1 X
Pertemuan )
Standar Kompetensi :
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar:
Mendiskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
Indikator:
1.
Membandingkan macam organ penyusun
sistem peredaran darah pada manusia.
2.
Menjelaskan fungsi organ penyusun
sistem peredaran darah pada manusia.
A. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah
pada manusia.
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi
organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.
B. Materi Pembelajaran
1. Macam organ penyusun sistem peredaran darah pada
manusia.
2. Fungsi organ penyusun sistem peredaran darah
pada manusia
(terlampir di bahan ajar)
C. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran kontekstual
2. Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
(pembelajaran bermakna)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan (5 menit)
Dalam kegiatan pendahuluan,
guru:
1. Mengucapkan salam.
2. Mendata kehadiran siswa
3. Motivasi: Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah
membahas mengenai sistem pencernaan dan pernapasan. Bagaimana makanan dan
oksigen tersebut diedarkan di dalam tubuh kita?
Kegiatan Inti (30menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
1. Menuliskan tujuan pembelajaran.
2. Membagikan soal pretest.
3. Meminta peserta didik untuk mengamati video alat peredaran darah.
4. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
berpikir dalam menyebutkan alat peredaran
darah yang telah diamati.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
1.
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok.
2.
Membagikan LKS kepada tiap kelompok.
3.
Tiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan LKS yang berisi cerpen dan membuat kesimpulan
dari puzzle yang telah mereka susun.
4.
Kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan dari presentasi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
1. Memberikan kesempatan kepada peserta didik
apabila ada pertanyaan, pendapat, ataupun sanggahan yang ingin disampaikan.
2. Mempertegas materi pembelajaran hari ini untuk
memantapkan pemahaman peserta didik.
Kegiatan Penutup (5 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. Bersama-sama
peserta didik membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran.
2. Membagikan cerpen yang sudah rampung dan memberikan tugas agar cerpen tersebut
dibaca dan dipahami di rumah.
3. Membagikan soal postest.
4. Memberikan tugas rumah untuk mempelajari materi pada pertemuan berikutnya
E. Media Pembelajaran
1. Video organ peredaran darah dan struktur darah.
2. Cerpen Sistem Peredaran Darah
3. Puzzle sistem peredaran darah pada manusia
F. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPA yang relevan.
2.
Video sistem peredaran darah pada manusia
3. LKS sistem peredaran darah pada manusia
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
1.
Membandingkan macam organ
penyusun sistem peredaran darah pada manusia
2.
Menjelaskan fungsi macam organ
penyusun sistem peredaran darah pada manusia
|
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
Bagaimana
perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh balik?
Apa fungsi leukosit?
|
0 komentar:
Posting Komentar